Friday, March 23, 2012

Beberapa contoh Bad Desaign

Bad Desain terjadi karena ada salah satunya adalah melupakan prinsip faktor manusia. Beberapa kasus yang saya dapat adalah:
  1. Konektor USB

    Saat ini konektor USB sangat praktis digunakan untuk menghubungkan antara periferal dengan CPU. Contohnya yang sering kita gunakan port ini untuk menghubungkan flashdisk, mouse, keyboard, modem ke CPU.
    Namun yang kita alami bersama adalah ketika ingin memasukan port USB tersebut kita sering salah terbalik memasukan konektor USB tersebut. Sulit bila hanya melihat secara sepintas konektor karena memiliki bentuk yang sama dan kita harus melihat dalam USB untuk menyamakan mana yang atas dan mana yang bawah.
    Seharusnya produsen USB memberikan simbol bagian atas dan bawah konektor tersebut. Atau seperti mini USB yang berbentuk tidak sama bagian atas dan bawahnya sehingga kita bisa membedakan mana bagian yang atas dan bawah dan tidak tertukar.
 2 Saklar Lampu.
Banyak sekali saklar lampu di rumah kita yang tidak ada simbol yang menandakan on/off. Hal ini sangat berbahaya ketika kita akan mengganti lampu yang sudah putus. Pada saat lampu putus dan harus diganti kita terkadang lupa posisi saklar dalam keadaan on/off. Sangat berbahaya ketika kita mengganti lampu yang putus tadi dengan kondisi saklar masih dalam on.

Seharusnya distandarkan semua saklar wajib diberikan simbol on/off. Memang tidak semua saklar tidak ada simbol tersebut. Tetapi pada saklar yang umumnya tidak diberikan tanda tersebut.

1 comment:

  1. ijin copas y bang artikelnya, bwt bahan referensi... thanks bang.

    ReplyDelete