Thursday, March 10, 2011

Sekilas tentang Web Science

Web adalah sebuah tempat informasi terbesar yang pernah dibangun manusia dalam sejarah. Web saat ini telah mengubah trend yang ada di dalam masyarakat. Dalam rangka memahami apa itu web, para ahli sepakat bahwa kita membutuhkan sebuah interdisipliner baru yang kita sebut dengan Web Science.


Saat ini web telah berubah menjadi sebuah sistem sempurna yang perlu untuk dapat kita pelajari. Seperti yang kita ketahui, betapa pentingnya kita mempelajari mengenai iklim, bagaimana planet bergerak, bagaimana atmosfer bekerja, bagaimana ekologi berjalan, sistem kehidupan, kita perlu memikirkan tentang web sebagai penyempurna sistem.


Bila kita mulai mempelajari web, kita dapat mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa datang. Kita dapat mengambil tindakan terhadap suatu hal kesempatan yang kita ketahui kondisinya. Tingkat resiko yang menjadi rendah, membantu keberadaan web yang lebih lama dan terus berkembang.


Disiplin ilmu web science merupakan himpunan bagian dari seluruh displin ilmu yang ada. Antropologi, Geofisika, Media, Polotik Science, Sosiologi, Ekonomi, Ilmu Komputer, Matematika, Psykologi, Web Engineering, Hukum. Semua itu penting untuk dapat mempelajari web science. Mengapa web science begitu penting untuk dipelajari? Hal ini dikarenakan informasi yang ada membutuhkan ilmu web yang dapat dipelajari untuk era global saat ini.


http://webscience.org/webscience.html

No comments:

Post a Comment