Monday, February 15, 2010

Ilmu Budaya Dasar

Rangkuman sap mata kuliah Ilmu Budaya Dasar#

  Bahasan awal yang akan diketahui pada mata kuliah ini adalah Pengertian serta Tujuan ISD dan IPS
perlu di ketahui pula tentang perbedaan dan persamaan antara ISD dan IPS

 Pembahasan selanjutnya yaitu tentang Manusia Dan Kebudayaan :
      Penjelasan tentang unsur unsur pembangun manusia, hakekat manusia serta yang membedakannya dengan makhluk lainya.para mahasiswa juga di harapkan memahami tentang kepribadian bangsa timur,yang merupakan dasar kebudayaan bangsa indonesia,dan juga dapat menunjukan bagan pisiko-sosiogram manusia.
   
Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan, sastra sangat dekat dengan kebudayaan, dapat juga 
di gabungkan dengan prosa fiksi dan juga dengan puisi.

Manusia dan Cinta Kasih,dalam pembahasn ini mahasiswa di harap dapat memahami serta mengerti
tentang cinta kasih dan kaitannya dengan kehidupan manusia.

Manusia dan Keindahan, maksud keindahan yang akan di bahas di sini adalah makna keindahan dan hubungannya dengan manusia serta keindahan dalam renungan dan keserasian.

Manusia dan Penderitaan, Pada pembahasan ini  Mahasiswa di harap dapat memahami dan menghayati kenyataan-kenyataan yang ada dalam kehidupan manusia dengan berbagai macam penderitaan, pengaruh  dan sebab nya. dapat mengerti betapa menyiksanya phobia,saat saat kalutnya mental dan lain lain, serta,akibat yang ditimbulkannya.

Manusia dan Keadilan, Diharapkan dapat menjelaskan pengertian keadilan sosial dan berbagai macamnya serta mengerti pentingnya kejujuran , dan sebaliknya, sangat buruknya kecurangan.

Manusia dan Pandangan Hidup, Setiap Insan harus mempunyai pandangan hidup dan cita-cita untuk kehidupan. Semua dapat di raih dengan perjuangan, keyakinan, serta kepercayaan. dalam materi ini juga akan di dapatkan langkah-langkah untuk berpandangan hidup yang baik  .
 
Manusia dan Tanggung jawab,Dapat memahami makna tanggung jawab dan mengetahui macam macam tanggung jawab, merupakan tujuan dari materi ini. dan juga mengetahui apa itu pengabdian serta pengorbanan.

Manusia dan kegelisahan ,menyebutkan macam macam kecemasan,mengetahui sebab-sebab seseorang gelisah serta usaha mengatasinya.

Pembahasan Terakhir yaitu Manusia dan  Harapan, diharapkan setiap mahasiswa dapat memahami dan mengerti tentang harapan, sebab manusia mempunya harapan, doa, kepercayaan dan usaha untuk meningkatkan kepercayaan serta kaitannya dengan manusia dalam kehidupannya masing masing.


 





No comments:

Post a Comment