Thursday, December 3, 2009

Menulis yang baik di internet

Membaca merupakan salah satu cara kita mendapatkan sebuah informasi yang kita butuhkan. Tetapi adakalanya tak hanya informasi yang bisa kita dapatkan, inspirasi pun bisa didapat setelah kita membaca.

Begitu pun sebaliknya ketika kita menulis, kita akan memberikan sebuah informasi dan inspirasi kepada orang yang akan membacanya. Sehingga membaca dan menulis merupakan suatu hal yang saling berkaitan satu sama lain dalam aktifitas kehidupan sehari-hari.

Menulis dimana pun medianya bagi saya merupakan suatu ungkapan inspirasi seseorang yang ingin di-sharekan (dibagikan) kepada orang lain. Mungkin dari sebuah informasi, berita, cerita, atau  ilmu pengetahuan bisa menjadi sebuah spirit untuk melakukan sesuatu hal yang positif ataupun negatif bagi seseorang.


Membahas bagaimana cara menulis yang baik diinternet tidak bisa dibakukan seperti halnya sebuah buku, cerpen, karya ilmiah, ataupun yang lainnya. Media internet yang bersifat global dan siapapun  kapanpun dimanapun orang bisa mengaksesnya menjadikannya tanpa ada batasan  aturan yang mutlak untuk  dapat disepakati.
 
Bagaikan karya seni, seorang pelukis bebas berekspresi atas apa yang ia ingin hasilkan, tidak ada aturan tentang bagaimana sebuah lukisan boleh dibuat ataupun tidak. Walaupun lukisan tersebut terlihat hanya sekedar coretan-coretan belaka, tetapi disisi lain ada orang-orang yang mampu menikmati keindahan hasil goresan tersebut.

Perumpamaan lukisan diatas sama hal dengan sebuah tulisan. Mereka yang ingin menulis bebas berekspresi sebebas-bebasnya tentang apa yang ingin mereka ungkapkan. Bahkan seseorang bisa bebas mengkritisi atau menilai  suatu badan organisasi ataupun perorangan yang dianggapnya perlu diangkat  (disebarkan) ke khalayak luas.

Tetapi perlu diingat pada praktisnya kebebasan yang dimiliki seseorang tidaklah boleh  berbenturan dengan kebebasan yang dimiliki oleh orang lain pula. Etika dalam menyampaikan suatu ungkapan dalam bentuk apapun (lisan maupun tulisan), haruslah memiliki nilai  kebenaran dan bisa untuk dipertanggungjawabkan.


Hal yang terpenting dari sebuah tulisan yang baik adalah bagaimana seorang penulis mampu memberikan hal yang postif kepada sang pembaca. Karena pada dasarnya sesuatu yang baik itu, bisa dilihat dari efek apa yang dihasilkan oleh hal tersebut. Seperti contoh sebuah kutipan jangan lihatlah siapa yang berbicara tapi lihatlah apa yang ia bicarakan.

Walaupun demikian pembahasan diatas merupakan penilaian yang relatif dari saya. Mungkin bagi orang lain sesuatu yang negatif belum tentu tidak baik bagi mereka. Karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menilai dan menyikapi suatu hal sama.

No comments:

Post a Comment