Sunday, November 7, 2010

Sejarah, Jenis-jenis, dan Fungsi Media Penyimpanan


Punch Card
            Merupakan media penyimpanan data yang diketahui paling tua pada tahun 1725 dibuat oleh Basille Bouchon ketika ia melubangi kertas untuk menyimpan susunan pola yang digunakan untuk kain.
Namun pertama kali Punch Card benar-benar digunakan untuk menyimpan beberapa macam data adalah pada tanggal 23 september 1884 oleh Heman Hollerith, sebuah penemuan yang digunakan hampir 100 tahun sampai pertengahan 1970an.
Ini adalah contoh punch card, jenis 90 columns di tahun 1972. Seperti yang anda lihat banyaknya data yang disimpan pada punch card tidaklah banyak, serta kegunaan utamanya bukanlah untuk menyimpan data, ia digunakan untuk menyimpan setingan mesin yang berbeda-beda.

Punched Tape

            Pertama kali dikenal menggunakan pita kertas pada tahun 1846 oleh Alexander Bain (penemu dari mesin fax dan pencetak telegraph elektrik). Setiap baris pada pita mewakili satu karakter, tetapi bila anda mudah membuat lipatan anda dapat menyimpan jauh lebih banyak data  menggunakan punched tape dibandingkan dengan punch cards.

Selectron Tube





Di tahun 1946 RCA telah memulai mengembangkan selectron tube.  Ini merupakan bentuk dini dari memori komputer dan besar ukuran selectron tube  10 inchi serta dapat menyimpan 4096 bits. Selama ini tubes sangatlah mahal. Media ini tidak bertahan lama dipasaran.


Magnetic Tape
   Pada tahun 1950 magnetic tape telah pertama kali digunakan oleh IBM untuk menyimpan data di media tersebut. Sepanjang satu buah gulungan magnetic tape dapat menyimpan data yang setara 10000 punch card membuat sebuah keberhasilan yang cepat dan menjadi sebuah cara yang paling populer dalam menyimpan data komputer sampai pertengahan tahun 1980an.



Compact Cassete
            Compect Cassete merupakan bagian dari salah satu jenis magnetic tape namun banyak yang telah menggunakannya. Media ini mendapatkan bagian yang spesial. Compact Cassete dikenalkan oleh Philips pada tahun 1963 dan tidak sampai tahun 1970an media ini telah menjadi populer. Komputer seperti  ZX Spectrum, the Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan cassettes untuk menyimpan data. Ukuran 90 menit compact cassete dapat menyimpan sekitar 700 kb sampai 1 MB untuk satiap sisinya. Bagaimana dengan membeli 4500 compact casset lalu back up DVD kesukaan anda, itu hanya akan menghabiskan 281 hari untuk merestore data,,hehe

Magnetic Drum







          

  Magnetic drum adalah sebuah drum sepanjang 16 inchi yang berputar dengan kecepatan 12500 putaran per menit. Media ini digunakan komputer IBM 650 dengan 10000 karakter sebagai memori utama.

Floppy Disk

            Di tahun 1969 pertama kali floppy disk dikenalkan. Media ini hanya membaca 8 inchi disk dan dapat menyimpan 80 kB data. 4 tahun kemudian di tahun 1973, sejenis floppy disk dengan ukuran yang sama dapat menyimpan 256 kB data ditambah memungkinkan untuk dapat menulis data baru secara berulang-ulang. Semenjak kemudian muncul berbagai macam floppy disk yang sejenis dengan kemampuan menyimpan banyak data. Di akhir tahun 1990an anda dapat meenemukan 3 inchi disk yang dapat menyimpan data 250 MB


Hard Drive Pertama di Dunia
      IBM membuka mata 305 RAMAC  pada tanggal 13 september 1956. Komputer yang biasa-biasa saja tetapi sebuah perubahan semenjak ia mampu menyimpan 4.4 MB data (5 juta karakter) -sebuah jumlah data yang sangat besar ketika itu. Data disimpan di 24 inchi magnetical disk. Lebih dari 1000 system dibangun dan diproduksi sampai tahun 1961. IBM menyewakan komputernya untuk $3200 per bulan.

Hard Drive
            Hard drive masih sebuah produk yang berada di bawah pengembang yang sama. Hitachi Deskstar 7K500 yang anda lihat pada gambar ini adalah hard drive pertama yang dapat menyimpan 500 Gb data.  Atau mendekati 120 000 kali lebih data hard drive pertama kali di dunia IBM 305 RAMAC. Di setiap tahun kita mendapatkan drives yang lebih murah yang dapat menyimpan data lebih cepat.

The Laserdisc
            Di tahun 1958 teknologi laser disk telah ditemukan, tetapi tidak sampai tahun 1972 videodisc telah di pertunjukan ke maasyarakat. Enam tahun kemudian, pada tahun 1978 media penyimpanan ini telah beredar di pasaran. Tidak hanya memungkinkan menyimpan data disk tetapi juga dapat menyimpan video dan gambar dengan kualitas yang tinggi dengan teknologi seperti VHS.



Compact Disk
            Compact Disk (CD) berasal dari laser disk, namun ini lebih kecil lagi(dan lebih sedikit menyimpan data). CD telah dikembangkan oleh SONY dan Phillips di tahun 1979 dan Compact Disk banyak dipasaran pada tahun 1982. Jenis CD pada saat ini dapat menyimpan 700 MB data.

DVD
            Digital Video Disc (DVD) pada dasar dari Compact Disk yang menggunakan jenis teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser yang digunakan adalah 780 nm sinar infrared (standard CD menggunakan 635 nm – 650 nm sinar merah) dimana membuat DVD mampu menyimpan lebih banyak data dengan ruang atau ukuran yang sama. Dua buah layer DVD dapat menyimpan 8.5 GB data.

The Future?
            Ada bnyak media penyimpanan data modern seperti memory card, namun saat ini telah  dan akan diluncurkan  Blue-Ray dan HD-DVD dua format media yang saling bersaing yang pada dasarnya merupakan versi lain dari compact disk yang dapat mnyimpan lebih banyak data, terima kasih kepada blue-violet laser technology.
            apa yang akan anda katakan tentang Holographic Versatile Disc yang telah dapat menyimpan  160 kali data dibandingkan dengan Blue-Ray. 3.9 TB data di dalam satu disk atau setara 4,600 sampai 11,000 jam video dengan menggunakan format MPEG.


No comments:

Post a Comment