Thursday, April 8, 2010

Manusia Dan Penderitaan


Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan,karena arti sederhana dari penderitaan adalah merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.

Penderitaan dapat timbul akibat siksaan,dan siksaanya dapat berupa jasmani maupun rohani. Contoh dari siksaan secara psikis adalah kebimbangan dan kesepian. 
Seseorang akan merasakan bimbang pada saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil, akibatnya manusia berada dalam keadaan tidak tentu ini merupakan suatu penderitaan.
Kesepian juga dapat dikatakan sebagai penderitaan karena merasakan sepi meskipun dalam keadaan ramai.
kesepian yang dimaksud disini bukan seperti petapa,maka kesepian juga wujud dari sebuah siksaan.
Berat atau ringannya suatu siksaan di dunia dapat ditentukan oleh individu masing-masing.sesuatu yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu dirasakan orang lain sebagai sebuah penderitaan.
Penderitaan juga dapat menjadi energi/penyemangat bagi manusia untuk berbuat lebih baik lagi atau mendapat kesuksesan yang diinginkan
Maraknya Kriminalitas dimasyarakat mencerminkan begitu banyaknya penderitaan yang dialami oleh manusia.
Bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang merasakan siksaan batin yaitu Ketakutan,dan ketakutan yang berlebihan pada sesuatu (hal) dapat disebut sebagai phobia.
Dan sebab-sebab seseorang merasakan siksaan berupa ketakutan yang berlebihan antara lain claustrophobia (takut ruang tertutup),agoraphobia(takut ruang terbuka),gamang(takut tempat tinggi,kegelapan ,kesakitan serta kegagalan.

Penderitaan akan banyak mempengaruhi manusia,jika manusia dapat menghadapi dengan sabar dan ikhlas penderitaan akan berdampak positif, tetapi jika tidak akan berdampak buruk baik bagi kesehatan jasmani maupun rohaninya.

No comments:

Post a Comment